Langsung ke konten utama

Laporan Sederhana Mengenai Daun Sirih

DAUN SIRIH
SMA NEGERI 3 PEKALONGAN
jl. Progo no.28 pekalongan


                       
                                                                        BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Tanaman Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sirih biasanya digunakan sebagai budidaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur.
Banyak  masyarakat Indonesia berpresepsi bahwa jika terlalu sering mengunyah sirih akan menyebabkan  penyakit kanker mulut. Sehingga sebagian besar masyarakat Indonesia hanya memandang sirih sebelah mata. Persepsi inilah yang harus diubah oleh masyarakat Indonesia karena pada dasarnya sirih dapat digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu. Manfaat daun sirih sebagai obat keputihan pernah diuji secara klinis. Daun sirih juga dapat digunakan  untuk menghilangkan jerawat dengan mencuci muka serta berbagai manfaat lain.
Kami melakukan observasi terhadap tanaman sirih karena, sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang mempunyai sejuta manfaat bagi tubuh. Dan sering ditemui disekitar kita.
Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauaentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

      


B.     Tujuan
·         Menambah pengetahuan pelajar tantang tanaman sirih serta manfaatnya
·         Memudahkan pelajar untuk mengetahui berbagai jenis-jenis sirih
·         Menambah wawasan pelajar tentang cirri-ciri umum mengenai tanaman sirih




C.Metode Observasi
1. Lokasi Penelitian: Bener, Jl. Cendrawasih Wiradesa dan SMA N 3 Pekalongan
2. Subjek penelitian : Tanaman sirih
3. Waktu Pengamatan : Kamis dan Minggu, 14 dan 17 Agustus 2014
4. Metode : observasi yang dilakukan oleh kelompok kami yaitu melalui pengamatan secara langsung kelapangan.


BAB II
PEMBAHASAN

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh disebagian besar wilayah Indonesia. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan bentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Manfaat tanaman sirih:
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama. Selain itu dibawah ini beberapa manfaat daun sirih :
  1. Sariawan
  2. Bronchitis
  3. Jerawat
  4. Keputihan
  5. Sakit gigi karena berlubang
  6. Demam berdarah
  7. Bau mulut
  8. Haid tidak teratur
  9. Asma
  10. Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
  11. Gusi bengkak (getahnya)
  12. Membersihkan Mata
  13. Bau badan
  14. Batuk

Jenis – jenis sirih
Sirih memiliki berbagai jenis, diantaranya :
1.      Sirih merah
2.      Sirih hitam
3.      Sirih hijau
4.      Sirih putih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PAGELARAN SENI

PROPOSAL PAGELARAN SENI SMP NEGERI 1 WARUNGASEM 2014 KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Atas segala karunia-Nya, sehingga kami dapat menyusun buku “Proposal Pagelaran Seni” ini. Pada dasarya kami menyusun proposal ini karena untuk meminta persetujuan dengan maksud untuk melaksanakan program tahunan SMP Negeri 1 Warungasem tahun 2013/2014. Terwujudnya buku ini adalah hasil kerja sama antara seluruh panitia. Oleh karena itu, kami pun menyadari bahwa buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Ucapan-ucapan terima kasih pun kami sampaikan kepada orangtua, guru-guru kami khususnya, kepada semua orang saja pada umumnya yang telah mendukung kami untuk menyelesaikan buku ini. Kami pun mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang sudi membaca buku ini. Dengan senang hati kami menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan buku ini. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Wassalamu

LAPORAN KEGIATAN STUDY TOUR

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT selalu melimpah rahmat dan kasih sayang-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ini yang berjudul “ LAPORAN STUDY WISATA BANDUNG 2013” dengan baik sesuai dengan apa yang kami harapkan. Topik karya tulis yang dibahas adalah kunjungan wisata ke Gunung Tangkuban , Museum Geologi, Iptek Sundial dan Cibaduyut yang diikuti oleh siswa-siswi SMP N 1 Warungasem, dan didalamnya dilengkapi dengan dokumentasi pada masing-masing objek. Karya tulis ini juga merupakan salah satu kelengkapan tugas kami pada tahun ajaran 2012/2013. Dalam kesempatan ini, kami megucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang memberikan dukungan dan bantuan secara moral maupun material dalam proses penyelesaian karya tulis. Mengingat keterbatasan kemampuan kami, maka sekiranya dapat dimaklumi apabila nantinya di dalam laporan ini banyak terdapat kesalahan. Kami menyadari akan hal tersebut, karena itu kami mengharapkan